INSTITUT TEKNOLOGI MEDAN

http://www.alihakimharahap.blogspot.com(ALI HAKIM HARAHAP(Kuliah Di INSTITUT TEKNOLOGI MEDAN)

Selasa, 05 Mei 2015

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH(PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJARSISWA PADA MATERI POKOK BESARAN DAN SATUAN

            PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhModel Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based learning)danModel PembelajaranKonvensional terhadap hasil belajar dan aktivitas siswapadamateriBesaran, SatuandanPengukuran

Jenispenelitian ini adalah quasi eksperimen.Populasidalampenelitianadalahseluruhsiswakelas X SMASwasta Budi Agung Medan yang terdiridari 6 kelas, yang seluruhnya berjumlah 250 orang siswa. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling,yaitukelas X1 yang terdiri dari 40 orang sebagaikelaseksperimen dengan menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalahdankelas X2yang terdiri dari 40 orang sebagaikelaskontrol dengan Model Pembelajaran Konvensional.Instrumen yang digunakan ada 2 jenis, yang pertama tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 5 option jawaban yang sebelumnya telah dilakukan uji  persyaratan tes dan instrumen yang kedua adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah.

Dari data penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 52,5dengan standar deviasi 13,0 dan kelas kontrol adalah 53,3dengan standar deviasi 13,6. Pada uji normalitas kelas eksperimen untuk pretes diperoleh Lhitung < Ltabel = 0,1190<0,1401, sedangkan kelas kontrol Lhitung <Ltabel = 0,1365<0,1401maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas data pretes untuk kedua sampel diperoleh diperoleh Fhitung < Ftabel = 1,095<1,705maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen.Dari uji kesamaan awal diproleh thitung= 0,268 dan ttabel= 1,997untuk  adalah,karena thitung <ttabel maka dapat dianggapkemampuan awal siswa pada kedua kelas sama.Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran berdasarkan masalah dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional, diperoleh nilai postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 73,6 dan standar deviasi 10,3dan kelas kontrol 60,8 dan standar deviasi 12,9. Hasil uji t satu pihak postes diperoleh thitung =4,909 danttabel = 1,998 untuk (thitung>ttabel) dengan demikian diperoleh ada pengaruh terhadap hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Besaran dan Satuan di kelas X Semester I SMASwasta Budi Agung Medan T.P 2014/2015.

Kata Kunci ;Pembelajaranberdasarkanmasalah, Hasil belajar,Aktivitas

                                                                                           http://alihakimharahap.blogspot.com

Tidak ada komentar:

- See more at: http://www.seoterpadu.com/2013/07/cara-membuat-kotak-komentar-keren-di_8.html#sthash.E6TR4DMU.dpuf