PENGARUH MODEL
PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH(PROBLEM
BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJARSISWA PADA MATERI POKOK BESARAN DAN
SATUAN
PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhModel
Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem
Based learning)danModel PembelajaranKonvensional
terhadap hasil belajar dan aktivitas siswapadamateriBesaran, SatuandanPengukuran
Jenispenelitian
ini adalah quasi eksperimen.Populasidalampenelitianadalahseluruhsiswakelas X
SMASwasta Budi Agung Medan yang terdiridari 6 kelas, yang
seluruhnya berjumlah 250 orang siswa. Sampel
penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling,yaitukelas
X1
yang terdiri dari 40 orang sebagaikelaseksperimen dengan menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalahdankelas X2yang terdiri dari 40 orang sebagaikelaskontrol
dengan Model Pembelajaran Konvensional.Instrumen yang digunakan ada 2 jenis, yang pertama tes hasil belajar dalam
bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 5 option jawaban yang
sebelumnya telah dilakukan uji
persyaratan tes dan instrumen yang kedua adalah lembar observasi
aktivitas belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan
Masalah.
Dari data penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes
kelas eksperimen adalah 52,5dengan standar deviasi 13,0 dan kelas kontrol adalah 53,3dengan standar deviasi 13,6. Pada uji
normalitas kelas eksperimen untuk pretes diperoleh Lhitung < Ltabel
=
0,1190<0,1401, sedangkan kelas
kontrol Lhitung <Ltabel =
0,1365<0,1401maka data kedua
kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas data pretes untuk kedua sampel diperoleh diperoleh Fhitung < Ftabel = 1,095<1,705maka kedua sampel
berasal dari kelompok yang homogen.Dari uji kesamaan awal diproleh thitung= 0,268 dan ttabel= 1,997untuk
adalah,karena thitung <ttabel maka dapat dianggapkemampuan awal siswa pada kedua kelas
sama.Setelah diberikan perlakuan yang berbeda,
kelas eksperimen dengan model pembelajaran berdasarkan masalah dan kelas
kontrol dengan model pembelajaran
konvensional, diperoleh nilai postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 73,6 dan standar deviasi 10,3dan kelas kontrol 60,8 dan standar deviasi 12,9. Hasil uji t satu pihak postes diperoleh thitung
=4,909
danttabel = 1,998 untuk
(thitung>ttabel) dengan demikian diperoleh ada pengaruh terhadap hasil belajar siswa menggunakan model
pembelajaran berdasarkan masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok
Besaran dan Satuan di kelas X Semester I SMASwasta Budi Agung Medan T.P
2014/2015.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar